Kata Berbahasa Arab yang Diucapkan Davutoglu Saat Pengunduran Diri Membuat Penasaran Jutaan Rakyat Turki

(Ahmet Davutoglu saat pidato pengunduran diri)

Keputusan Ahmet Davutoglu mengundurkan diri dari jabatan ketua AKP membuat rakyat Turky terkejut. Sebelumnya banyak yang mengira Davutoglu tidak akan melakukan itu, apalagi pengunduran diri Davutoglu disebut-sebut berkaitan dengan perbedaan pendapat antara dirinya dan Erdogan.

Dalam pidato pengunduran dirinya, Davutoglu memilih beberapa diksi berbahasa Arab yang membuat rakyat Turky semakin penasaran. Walaupun rakyat Turky memahami diksi tersebut secara harfiah, tetapi terbukti rakyat Turky sampai mencari arti kata tersebut ke dalam kamus berbahasa Arab.

Banyak rakyat Turky yang tidak mengerti maksud Davutoglu ketika penyampaikan pengunduran dirinya pada Kamis silam. Kata yang membuat rakyat Turky penasaran adalah kata 'Refik' atau di dalam bahasa Arab disebut 'rofik' ( رفيق ). Rasa penasaran rakyat Turky membuat mereka mencari makna kata tersebut sampai 234 juta kali.

Seperti yang dikutip media 'Ikhlas' Turky, hingga saat ini pencarian makna kata 'Refik' sudah mencapai 234.702.021 kali.

Dalam bahasa arab, kata 'rafik' berarti sahabat. Kata ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan 'suami-istri' atau pasangan.

Dalam pidatonya, Davutoglu menyebut Erdogan dengan kata 'rafik'. Davutoglu mengatakan "Saya tidak akan mematahkan sebuah hati atau melukai rafik (sahabat)...dan demi partai saya mengambil keputusan ini".

Seperti yang diberitakan, Davutoglu menyampaikan keputusannya di depan kader AKP bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai ketua partai pada kongres mendatang yang akan digelar pada 22 Mei 2016, dengan arti kata posisi PM yang dijabat Davutoglu akan diisi oleh kader AKP yang lain.




Kata Berbahasa Arab yang Diucapkan Davutoglu Saat Pengunduran Diri Membuat Penasaran Jutaan Rakyat Turki Kata Berbahasa Arab yang Diucapkan Davutoglu Saat Pengunduran Diri Membuat Penasaran Jutaan Rakyat Turki Reviewed by Unknown on 08.14.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.