Pesan dari Burung-burung Turki


“Kota yang banyak burungnya pertanda kota yang udaranya segar.”

Penilaian itu bisa jadi betulnya tak sampai seratus persen.

Kota Istanbul, Turki, ibukota Kesultanan Utsmaniyyah pada masanya ini tampaknya cocok betul dengan ungkapan di atas.

Seperti yang disampaikan reporter Hidayatullah yang berkunjung ke Istanbul, di berbagai sudut kota yang memang berudara sangat segar ini, kerap dijumpai burung-burung beterbangan.

Di sekitar masjid, di perkotaan, termasuk di kawasan wisata bersejarah Selat Bosphorus.

Ada yang mengatakan, di Turki terdapat 400-an jenis burung.


Tapi di Istanbul, Anda akan melihat semua jenis burung itu sama; sama-sama menyenangkan dan mengesankan.

Di antara kesan menarik dari burung, hewan kelas Aves ini selalu mengajari manusia disiplin ilmu “tawakal kepada Tuhan”.

Dalam sebuah Hadits Shahih yang diriwayatkan Imam Ahmad dilukiskan, Allah Subhanahu Wata’ala menyebut burung untuk menggambarkan sifat tawakal itu.

“Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya Allah akan memberikan rezeki kepada kalian, seperti Allah memberikan rezeki kepada seekor burung. Ia pergi (dari sarangnya) di pagi hari dalam keadaan perut yang kosong (lapar), dan kembali (ke sarangnya) di sore hari dalam keadaan perut yang penuh (kenyang).”


Di Istanbul, burung-burungnya juga begitu. Rezeki mereka datang nyaris setiap saat. Bahkan perantara pemberi makanan mereka; yaitu para pengunjung, banyak yang datang sangat jauh dari berbagai belahan dunia.

Para pengunjung di Selat Bosphorus, misalnya, sangat antusias melemparkan makanan ke kerumunan burung-burung putih yang tak terhitung jumlahnya itu. Dan “haapp!”, paruhnya sigap menangkap.

Semoga gambar-gambar diatas yang diantaranya dijepret reporter hidayatullah.com pada Maret lalu ini menginspirasi pembaca untuk menyambut hari demi hari penuh ketawakalan.

*Sumber: Hidayatullah




Pesan dari Burung-burung Turki Pesan dari Burung-burung Turki Reviewed by Unknown on 07.59.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.